oleh

Festival Pacu Perahu Kajang Lako Dusun Teluk Panjang, Resmi Ditutup Oleh Datuk Rio AMRI HARUN

Lensaone.id – Bungo – Pacu Jalur, sudah menjadi tradisi turun temurun di wilayah Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo Festival Iven Pacu Jalur, perahu Kajang lLako, di Dusun Teluk Panjang digelar setiap tahun di aliran sungai Batang Tebo. Tidak hanya sekadar sebuah helat budaya yang kental akan partisipasi masyarakatnya, Sorak-sorai ribuan penonton yang berjubel di tepian ber adat ,sungai Batang Tebo tatkala mengelu-elukan jalur (sampan) jagoan mereka menunju garis finis, menjadikan helat pesta rakyat itu berlangsung penuh atraktif, unik dan kaya akan nilai-nilai budaya. Dari masa ke masa tradisi pacu jalur di Dusun Teluk Panjang senantiasa mendapat perhatian yang luar biasa dari segenap Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Dusun Teluk Panjang, dan masyarakat sekitarnya.

 

Pacu jalur sudah menjadi Festival rakyat dalam menyambut hari besar Islam, Idul Fitri Rasa gembira mereka apresiasikan ke dalam iven lomba adu cepat mengarunggi derasnya arus Sungai Batang Tebo dengan mengunakan jalur-(sampan). Pacu jalur merupakan sebuah produk seni masyarakat Kecamatan Bathin III yang lahir dan berasal dari sebuah perpaduan unsur seni ukir, musik, tari, olahraga serta semangat kebersamaan. Di sisi lain pacu jalur juga memiliki kekuatan magis dan spiritual bagi masyarakatnya. Menariknya lagi ada sebuah kebiasaan turun temurun saat gelaran pacu jalur berlangsung.Dimana ratusan masyarakat Kecamatan Bathin III yang merantau ke luar daerah menyempatkan diri untuk hadir menyaksikan rangkaian acara Seiring bergulirnya waktu, gelaran helat pacu jalur terus dikemas dengan lebih menarik dan atraktif oleh Pemerintah Dusun Teluk Panjang di bawah pimpinan Rio Dusun Teluk Panjang, Amri Harun.

Dalam sambutan Datuk Rio Dusun Teluk Panjang Amri, Menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda pemudi karang taruna, dan seluruh tim pacu jalur (perahu) kajang lako, yang sudah berpartisipasi dalam festival iven Pacu Jalur di tepian ber adat , di Dusun Teluk Panjang.

Harapan kedepannya seluruh pemuda pemudi dapat menjadi ujung tombak untuk kemajuan khusus nya di Dusun Teluk Panjang, tentunya sebuah festival budaya tradisi turun temurun merupakan budaya yang kental akan partisipasi masyarakat kedepannya dapat perhatian khusus dari pemerintah pariwisata daerah dan propinsi, dalam mencari generasi generasi muda yang handal bisa mengharumkan nama baik kabupaten Bungo, yang bisa bersaing di kejuaraan Pacu Jalur, di tingkat tertinggi,

Iven pacu jalur kajang lako, di tepian ber adat, sungai Batang Tebo Resmi di tutup oleh Rio Dusun Teluk Panjang, Amri Harun.

Hadir sebagai juara pacu jalur ( perahu) kajang lako, bertempat di dusun teluk panjang Selasa (01/06/2021).

Juara 1 Dan juara Bergilir di raih oleh tim Dusun Air Gemuruh, Juara 2 diraih oleh tim Dusun Sungai Alai, Juara 3 diraih oleh tim Dusun Empelu, dan Juara harapan 4 di raih oleh tim Dusun Teluk Panjang.

Iven Pacu Jalur Kajang lLako di tepian beradat Sungai Batang Tebo berjalan dengan tertib lancar dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan.

(Repoter Ayu)

Anggota DPRD Bungo

ADV

Kepala Desa

Komentar

News Feed